Inisiasi BIPA, UIN Walisongo Ajak Unisnu Kerja Sama

Inisiasi BIPA, UIN Walisongo Ajak Unisnu Kerja Sama

UPT Pengembangan Bahasa Unisnu Jepara menerima kunjungan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Walisongo Semarang (11/5-2022). Maksud kehadiran UIN Walisongo ini dalam rangka menginisiasi kerja sama program Outing Class BIPA. Kegiatan diskusi ini berlangsung di Gedung Rektorat Lt. 1 Unisnu.

Kedatangan Tim Pengajar BIPA UIN Walisongo Chyndy Febrindasari, M.A., Eko Widianto, M.Pd., Risky Soffyana, M.Si., M.Ed., dan Norannabiela, M.Hum disambut baik oleh Rektor Unisnu Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., serta dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang 1 Dr. H. Mahalli, M.Pd., Biro III Rukhaniyah, S.H.I., M.H., dan Tim UPT Pengembangan Bahasa Unisnu. Sementara, tim pengajar BIPA UIN Walisongo Semarang.

Perwakilan tim BIPA UIN Walisongo Semarang Chyndy Febrindasari, M.A. menyampaikan keinginan kerja sama dalam program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). “Kami berharap Pusat Pengembangan Bahasa khususnya BIPA bisa bekerja sama dengan Unisnu dalam hal pengembangan budaya bagi mahasiswa asing,” ujarnya. Budaya di wilayah pantura bisa menjadi bidikan kerja sama antara UIN Walisongo Semarang dan Unisnu sebagai program pengembangan BIPA, imbuhnya.

Sebuah kesepakatan kerja sama memaksimalkan program BIPA harus sesuai dengan visi dan misi menjadikan bahasa Indonesia dikenal di kancah dunia termasuk segi budayanya. “Harapannya jika program ini disepakati, maka akan ada harmonisasi dan keselarasan antara visi misi dan pelaksanaan program,” harapnya.

Sementara Kepala UPT Pengembangan Bahasa Unisnu Aprilia Riyana Putri, M.Pd. sangat mengapresiasi adanya inisiasi kerja sama ini. “Kami senang dengan adanya tawaran ini untuk bisa langsung bekerja sama dengan para tim pengajar BIPA UIN Walisongo Semarang yang telah banyak berpengalaman mendampingi mahasiswa asing,” ucapnya.

Program Outing class yang digagas oleh UIN Walisongo rencananya akan menghadirkan 13 mahasiswa asing bersama dengan Unisnu.  “Kami rencanakan penyelenggaraan outing class di Jepara selama 2 hari, kegiatan di Unisnu dari pagi sampai sore memang kami agendakan sebagai kegiatan utama termasuk study tour ke sentra kerajinan serta tempat-tempat bersejarah yang ada di Jepara,” ungkap Eko Widianto Dosen sekaligus Pengajar BIPA UIN Walisongo Semarang dalam sesi sharing.

Alvaros – Aliffiya


Admin Bahasa

Komentar