Memasuki Era New Normal, UPT Pusat Bahasa UNISNU Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Menyelenggarakan Pelatihan Bahasa Inggris untuk Tour Guide

Memasuki Era New Normal, UPT Pusat Bahasa UNISNU Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Menyelenggarakan Pelatihan Bahasa Inggris untuk Tour Guide

Memasuki era new normal, sektor pariwisata di Indonesia mulai membuka beberapa destinasi wisata dengan disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat. Oleh karena itu, sebagai salah satu ujung tombak industri pariwisata, Tour Guide harus mempersiapkan diri agar bisa merepresentasikan objek wisata secara komprehensif. Namun demikian hal ini merupakan tantangan besar bagi para Tour Guide untuk menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris karena bahasa Inggris merupakan bahasa global yang digunakan oleh masyarakat internasional termasuk di dalamnya sebagian besar wisatawan mancanegara. Untuk itu, UPT Pusat Bahasa UNISNU Jepara bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara menggelar Pelatihan Bahasa Inggris untuk Tour Guide guna meningkatkan kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris para Tour Guide, tentunya agar para pemandu wisata lancar dalam memberi penjelasan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan destinasi wisata kepada para turis mancanegara. Pelatihan Bahasa Inggris untuk Tour Guide ini diikuti oleh para tour Guide dari berbagai destinasi wisata dibawah Pemerintah Daerah Jepara.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Plt. kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Zamroni Lestiaza, AP. M.Si., dalam sambutannya Bapak Zamroni menyampaikan ucapan terimakasih kepada UPT Pusat Bahasa Unisnu serta seluruh peserta yang hadir dalam dalam kegiatan pelatihan ini. Bapak Zamroni berharap semoga kegiatan ini bisa meningkatkan skill bahasa Inggris para Tour Guide untuk dijadikan bekal dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan majunya industri pariwisata yang ada di Jepara. Selain itu, Rektor Unisnu Jepara yang diwakili oleh Dekan FTIK Unisnu, Drs. Mahalli M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya karena mempercayakan UPT Pusat Bahasa Unisnu Jepara untuk memberikan pelatihan ini dan berharap agar kegiatan ini dapat memberikan dampak positif sehingga keterampilan mereka dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris semakin meningkat.

Kegiatan pelatihan ini difasilitatori oleh tutor – tutor yang berpengalaman dari UPT Pusat Bahasa Unisnu antara lain Santi Andriyani M.Pd., Aprilia Riyana Putri, M.Pd. dan Nina Sofiana, M.Pd. dengan materi yang dikemas secara menarik, menyenangkan, dan sesuai sasaran. Selain itu, para tutor juga didampingi oleh beberapa mahasiswa dari UKM Organisasi Bahasa (ORSHA) Unisnu Jepara. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 4 hari sejak Senin hingga Kamis tanggal 24 - 27 Agustus 2020. Di akhir kegiatan, para tour Guide diminta untuk menyampaikan kesan dan pesan terhadap pelatihan ini. Menurut mereka, kegiatan ini sangat menyenangkan dan bisa meningkatkan keterampilan mereka, khususnya keterampilan bahasa Inggris untuk Tour Guide.


Admin Bahasa

Komentar