Pelatihan Public Speaking Bagi Mahasiswa & Umum

Pelatihan Public Speaking Bagi Mahasiswa & Umum

Pelatihan Public Speaking dilaksanakan UPT Pengembangan Bahasa dalam rangkaian acara memperingati Hari Ibu. Pelatihan ini berlangsung pada Rabu, 22 Desember 2021 di Ruang Seminar Pascasarjana, Unisnu Jepara.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 15.00-16.30 yang diikuti oleh mahasiswa dari program studi DKV, PBI, Manajemen, Prodi lainnya dan umum. 

Aprilia Riyana Putri selaku Kepala UPT Pengembangan Bahasa mengatakan pelatihan public speaking ini ditujukan kepada mahasiswa untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan berpikir kristis, dan meningkatkan keterampilan diri dalam berbicara. Banyak dari mereka yang enggan untuk berbicara di depan umum karena merasa tidak percaya diri dan rendahnya teknik dalam berbicara.

"Di zaman sekarang sangat penting untuk memiliki skill public speaking supaya nanti ketika melaksanakan kegiatan dapat megutarakan gagasan dengan teknik yang baik", ujar Febby 

Ia menambahkan teknik public speaking diperlukan di berbagai bidang seperti MC, pidato, presentasi dan lainnya. Sekarang banyak kegiatan yang MC nya minim well-prepared, mereka hanya memandu acara sebagai volunteer.

"Jadi kita sebagai mahasiswa waktunya melatih skill kita, masih ada waktu untuk berproses agar nantinya kalau sudah bermasyarakat kita bisa menebar kebermemanfaatan", imbuhnya.

Menurut Nabila Andien Neysa (Prodi Manajemen) salah satu peserta mengungkapkan feedback setelah mengikuti pelatihan public speaking ia mendapat  banyak tips berbicara didepan umum.

"Aku mengetahui beberapa tips agar dapat mengatasi moment awkward atau nge-blank ketika menyampaikan informasi di depan khalayak, pokoknya kegiatan ini sangat bermanfaat buat aku yang masih malu-malu ngomong di depan banyak orang kak", terang Neysa.


Admin Bahasa

Komentar