Fun Holiday Camp MTs N 1 Pati

Fun Holiday Camp MTs N 1 Pati

Setelah penandatanganan MoA antara UPT Pengembangan Bahasa Unisnu dan MTsN 1 Pati, wujud kerja sama telah terlaksana dalam program Fun Holiday Camp di Pati pada tanggal 20-25 Desember 2021. Setelah malam penutupan, para siswa MTsN Pati bersama para guru melanjutkan kegiatan Outbound di Taman Sardi, Kudus (25/12-2021).


Kegiatan ini terselenggara dalam rangka mengisi liburan sekolah bagi siswa MTsN 1 Pati. Melalui Fun Holiday Camp, menurut Ali Musyafak, S.Ag., M.Pd.I, para pelajar mengisi liburannya dengan kegiatan yang bermanfaat. “Selain untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris, para pelajar juga beribadah bersama dan bersenang-senang. Ini liburan yang menyenangkan dan penuh manfaat bagi mereka,” ujarnya.


Kegiatan ini diikuti oleh siswa MtsN 1 Pati mulai dari kelas 7, 8, dan 9, sebanyak 90 peserta yang terbagi menjadi 8 kelas atau kelompok. Setiap kelas terdapat 2 tutor yang merupakan mahasiswa UNISNU Jepara.


Sebanyak 16 mahasiswa instruktur delegasi UPT Pengembangan Bahasa Unisnu merupakan perwakilan beberapa prodi. Mereka adalah Muhammad Danis Sayogo, Meirissa Vicka Damayanti, Rizka Nur Awwaliyah, Yuliatus Sholihah, Ernanda Syahira Fahrenza, Nurrisa Fauziyah Ulfa, Maulida Khalimmaturrohmah, Sahila Nuril Akbar, Muhammad Iqbalul Amin, Diantia Cahya Rimandani, Syafika Nur Malasari, Noviyanti Noor Rizqi, Isna Umroatul Farihah, Riska Fafirru Amalia, Ainan Salsabilla, dan Muhammad Syahrul Romadhon.


Selain itu, perwakilan dari Unisnu Veranica Lani Octavia dan Ismi Rahmawati juga memberikan pelatihan bahasa Korea dalam program Fun Holiday Camp.


Aprilia mengapresiasi program ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan oleh pihak MtsN 1 Pati bagi para siswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di waktu liburan berkolaborasi dengan UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara. “Kegiatan ini dihandle oleh panitia penyelenggara yang merupakan bapak/ibu guru Mtsn 1 Pati, pengasuh boarding school MtsN 1 Pati, dan tim UPT Pengembangan Bahasa UNISNU Jepara,” imbuh Aprilia.

Adapun jadwal rangkaian kegiatan Fun Holiday Camp pada hari Senin sampai Kamis pada tanggal 20-23 Desember 2021 dimulai dengan kegiatan Morning Exercise di jam 05:00 hingga kegiatan Nightly Speaking yang berakhir di jam 21:00.

Sementara pada hari Jumat (24/12-2021) merupakan hari terakhir dengan kegiatan Written and Oral Examination pukul 08:00. Kegiatan ini sekaligus Farewell Party pada malam harinya. “Kegiatan Farewell Party menampilkan bakat para siswa PTsN 1 Pati yaitu speech, poem, singing, dan dancing. Lalu dilanjutkan kegiatan outbond yang diikuti oleh siswa di hari berikutnya sebagai penutup rangkaian kegiatan,” ujar Muhammad Danis Sayogo ketua tim instruktur dari Unisnu.

Manfaat kegiatan ini dirasakan oleh mahasiswa Unisnu. Danis, ketua tim trainers dari UNISNU Jepara merasakan manfaat menjadi instruktur bagi para siswa MTsN 1 Pati. “Saya memiliki pengalaman keterampilan mengajar secara langsung,” ujarnya.

Bagi Aliva Rosdiana, M.Pd., Sekretaris UPT Pengembangan Bahasa Unisnu mewakili Kepala UPT Pengembangan Bahasa Unisnu, kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi antara MTsN 1 Pati dan Unisnu Jepara. “Kegiatan ini selain menjalin kerja sama untuk meningkatkan mutu kedua lembaga yaitu Unisnu dan MTsN 1 Pati, juga memberikan wadah kegiatan mengisi liburan bagi para siswa dan memberikan peluang bagi mahasiswa Unisnu sebagai instruktur. Semoga UPT Pengembangan Bahasa juga bisa bekerja sama dengan sekolah lain melaksanakan kegiatan seperti ini,” ujarnya.

(Aliva Rosdiana - Danis)


Admin Bahasa

Komentar